SALES DAN MARKETING ADA HUBUNGANNYA

Kinerja sales dan marketing eksekutif, serta peranan marketing eksekutif terhadap produk baru Sekarang ini, perusahaan pada umumnya lebih suka memakai marketing executive ketimbang salesman untuk tenaga penjualnya. Alasanya “salesman” berkonotasi” negative di benak konsumen ketimbang “marketing eksekutif” yang kedengaranya lebih mentereng. Padahal peran sales sama pentingnya dengan marketing, memang keduanya sama-sama jualan. Perbedaanya, adalah sales benar-benar berjualan dalam artian sales hanya berjualan untuk mendatangkan uang semata. Transaksi sales adalah “memindahkan uang dari kantong konsumen masuk ke kas perusahaan” kunci kinerja sales adalah target penjualan. Sementara itu pengertian jualan di marketing lebih mengarah pada meraih perhatian, pikiran dan hati konsumen. Sehingga mereka mau membeli produk kita, bukan hanya keinginan membeli tetapi juga menjadi konsumen yang loyal terhadap produk tersebut. Jadi, kalau di sales kita berusaha memenangkan kantong konsum...