SIBELERANG MERAH SEBUTAN IBNU 'ARABI

Memori kita akrab dengan istilah "Wahdatul Wujud" yang menjadi pokok persoalan tulisan ini. Yang nantinya akan dikembangkan dalam kacamata Ibnu ‘Arabi. Setidaknya kita telah melakukan pemanasan dan rangsangan-rangsangan kearah dunia sufi dengan harapan kita dapat “klimaks” sempurna bersama pelukan dan sentuhan lembut pemikiran-pemikiran Si Belerang Merah (sebutan Ibnu Arabi).      

  1. Diskursus Wahdatul Wujud di masyarakat kita, bisa dibilang kontroversial. Satu sisi memandang sebagai ajaran KEKAFIRAN karena menempatkan hamba sebagai yang inheren dengan khaliq, sehingga tidak ada bedanya antara yang menciptakan dan yang diciptakan. (Zahirurabbi wal bhatinu Abdi)
  2. Disisi lain paham Wahdatul Wujud memandang bahwa hanya Tuhanlah satu-satunya yang riil, dia adalah realitas dari segala yang ada, diluar dirinya adalah nihil. Dengan demikian, manusia dan semesta adalah inheren dengan Tuhan. JUGA DALAM DIRI MEREKA (QS. FUSHSHILAT 41 : 53 ), ZAT ALLAH MELIPUTI SEGALA SESUATU (QS. FUSHSHILAT 41 : 54 ), DI BUMI ITU TERDAPAT TANDA-TANDA BAGI ORANG-ORANG YANG YAKIN DAN JUGA DI DALAM DIRIMU. APAKAH KAMU TIDAK MEMPERHATIKAN (QS.ADZ-DZAARIYAAT 51 : 21 )

Kedua pandangan ini sulit untuk di damaikan dalam satu frame yang sama tentang kesatuan wujud.  Inilah yang membuat Wahdatul Wujud sebagai sebentuk konsep inti sufisme tidak dapat diterima secara mentah-mentah dan menyeluruh oleh kalangan umat Islam di segenap penjuru dunia ahli syariat. Dan terjadi perang pemahaman sampai sekarang? Baca Juga : Syaikh-siti-jenar-allah-bukanlah

Dijelaskan dalam Tuhfatul Ahwadzi bahwa di zaman tersebut, orang yang berpegang teguh dengan agama hingga meninggalkan dunianya, ujian dan kesabarannya begitu berat. Ibaratnya seperti seseorang yang memegang bara (nyala) api. Bara api tentulah panas dan tentu amatlah sulit mempertahankan genggaman tersebut tanpa membuat tangan melepuh. Penulis Januar Pribadi

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Comments

📯POPULAR POST

ABDURRAHMAN AL-GHAFIQI DAN BALA TENTARA YANG CINTA SYAHID BAG 3

ALINSANU SIRRI, WA ANA SIRRUHU, WASIRRI SIFATI WASIFATI LAGHOIRIHI

THOSIN AL-ASRAR FI AL-TAUHID, SYAIKH HUSAIN BIN MANSHUR AL-HALLAJ

KATA KATA MUTIARA AL GHOZALI

ALLAH BUKAN NAMA DAN MAKNA

Kirim E-mail Anda Dapatkan Artikel Berlangganan Gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY POST MANTAP ||| postmantap16@gmail.com

🔱LINK TAUTAN ARTIKEL SPONSOR

🔁 FOLLOWERS