TARIM KOTA SEJUTA WALI

Sudah diakui oleh dunia, betapa kedamaian dan ketenangan ketika menginjakkan kaki disana.

Tarim adalah sebuah kota mungil, Di provinsi Hadramaut-Yaman. Di satu sisi, kota ini terlindungi oleh bukit-bukit batu terjal. Di sisi lain dikelilingi oleh perkebunan kurma.

Seorang ulama besar, Al Imam Ahmad Bin Abil Hubb mengemukakan, “Andai saja mereka melihat hakikat kota Tarim,maka mereka akan mengatakan, Syurga Dunia adalah Tarim“. Selanjutnya Al Imam Al Qutb Abdurrahman Assegaf : “Setetes ilmu di Tarim lebih baik dari pada lautan ilmu di luar Tarim”. Sedangkan Al Imam Al Qutb Abdullah Bin Alwi Al Haddad lebih menegaskan akan keistimewaan kota ini, : “Andai saja engkau mengeluarkan seluruh hartamu untuk mengunjungi kota Tarim, maka apa yang engkau dapatkan akan lebih banyak daripada yang kau keluarkan”

Tarim adalah sebuah kota bersejarah yang terletak di Hadhramaut, Yaman. Kota ini dianggap sebagai salah satu negeri yang paling diberkahi karena merupakan pusat berkumpulnya wali-wali Allah. Keistimewaan lain dari kota ini adalah terdapatnya banyak masjid, jumlahnya mencapai kurang lebih 360 masjid, sesuai dengan jumlah hari dalam 1 tahun. Tarim juga dikenal sebagai pusat menuntut ilmu para alim ulama.

Al Imam Al Qutb Abdurrahman Assegaf : “Di maqbaroh Zanbal dimakamkan lebih dari 10000 wali, 80 diantaranya adalah Qutb”.( Tingkatan Wali Tertinggi).

Selanjutnya, kota Tarim kerap dijuluki sebagai Al-Ghanna, yang berarti suatu tempat yang sangat subur. Meski berada di tengah kawasan gurun tandus berpasir, kota ini diberkahi dengan pohon-pohon besar nan rimbun serta sumber-sumber air bersih.Tarim dikenal pula dengan sebutan Madina As-Shiddiq. Sebab, di kota inilah sahabat Nabi Abubakar Ash-Shiddiq meminta sumpah setia penguasa Tarim pada masa itu, yang bernama Ziyad bin Lubaid Al-Anshori beserta penduduknya.

Ulama Al Imam Al Qutb Ali Bin Muhammad Al Habsyi mengungkapkan, “Jumlah ini sekitar 600 tahun lalu, sebelum wafatnya Imam Assegaf, Al Aidrus, Imam Al Muhdor,Imam Al Haddad, mungkin sekarang jumlah aulia’ di Zanbal sudah mencapai ratusan ribu (kesimpulannya katsir jiddan), di Zanbal juga terdapat Makam-Makam sahabat Nabi yaitu Ahlu Badr,Ahlu Tarim bukan malaikat tapi mereka lebih baik dari malaikat”

Di pasar, orang-orang berhenti berdagang. Lalu lintas kota itu juga mendadak sepi. Orang-orang di kota itu meninggalkan semua kegiatan mereka. Lalu berbondong-bondong menuju masjid yang tersebar di kota itu. Setiap kali azan berkumandang, jalan-jalan kota itu mendadak saja sepi. 

Lokasi kota Tarim sekitar 1.150 km dari Sana’a, ibu kota Yaman. Sedangkan Yaman adalah negara terdekat dengan kota Mekkah dari jalur darat. Kota Tarim telah menjadi buah bibir para penuntut ilmu agama dari berbagai penjuru, termasuk juga Indonesia.

Kota ini juga menjadi idaman bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu fikih, tasawuf, tauhid, nahwu, luhgah, termasuk tarekat. Banyak para ulama yang mensyiarkan ilmunya ke negaranya masing-masing, mereka adalah para alumni tarim. 

Bahkan menurut berbagai sumber diceritakan bahwa leluhur para wali songo sebenarnya berasal dari Tarim, Hadhramaut Yaman.

Begitu banyak hal menakjubkan yang saya dapati di kota ini yang belum pernah saya dapati di kota-kota lain. Di antaranya keramahan, sopan santun, dan kelembutan hati para penduduknya,”

Kota Tarim dianggap sebagai salah satu negeri yang paling diberkahi karena merupakan pusat berkumpulnya wali-wali Allah. Oleh sebab itu, kota ini pun terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali.

(Dikutip : Dari Berbagai Sumber Informasi) Baca Juga : Allah-bukan-nama-dan-makna

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Comments

📯POPULAR POST

ABDURRAHMAN AL-GHAFIQI DAN BALA TENTARA YANG CINTA SYAHID BAG 3

ALINSANU SIRRI, WA ANA SIRRUHU, WASIRRI SIFATI WASIFATI LAGHOIRIHI

THOSIN AL-ASRAR FI AL-TAUHID, SYAIKH HUSAIN BIN MANSHUR AL-HALLAJ

KATA KATA MUTIARA AL GHOZALI

ALLAH BUKAN NAMA DAN MAKNA

Kirim E-mail Anda Dapatkan Artikel Berlangganan Gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY POST MANTAP ||| postmantap16@gmail.com

🔱LINK TAUTAN ARTIKEL SPONSOR

🔁 FOLLOWERS