BIOGRAFI MAULANA MALIK IBRAHIM SUNAN GRESIK

9 sejarah Walisongo gambar Penjelasan cara berdakwah, Biografi.

Walisongo – Nama-nama walisongo yang anda kenal ialah nama sebutan atau julukan. Biasanya dengan sebutan sunan, yang dengan kata lain orang yang dimuliakan. Umumnya yang dinamakan sunan masih ada silsilah keturunan kerajaan, baik secara langsung maupun sesudah generasi dibawahnya. Nah, dari sekian tidak sedikit sunan-sunan yang menyebarkan agama islam di nusantara, terdapat 9 sunan yang dinamakan walisongo atau wali sembilan. Wali sendiri berarti duta atau wakil. Sedangkan dalam doktrin islam dikenal kata waliyullah atau waliallah yang dengan kata lain orang yang beriman dan bertakwa, pelindung dan bisa dipercaya. Para wali-wali ini mendedikasikan mereka di jalan Allah untuk menyuruh orang beriman untuk Allah dengan kerelaan, kelembutan dan tanpa paksaan. Begitu juga dengan walisongo yang menyebarkan agama islam di pulau Jawa. Para wali itu mempunyai riwayat dan pun tempat dakwah tersendiri. Selain tersebut setiap wali pun menitipkan wasiat dan pun peninggalan terhadap umat islam di nusantara. Sehingga nama-nama walisongo tersebut disematkan dalam sejarah persebaran islam di nusantaraLalu bagaimana sejarah, lahir, atau penjelasanmya tentang para wali tersebut berikut peniggalannya dan cara mereka menyebarkan agama islam di indonesia, kami akan mengulas nya.


Walisongo :
1. Walisongo Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
WaliSongo Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
WaliSongo Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
Nama Tokoh   : Maulana Malik Ibrahim
Lahir                : Paruh awal abad ke 14
Nama Ayah     : Jamaluddin Akbar al-Husaini
Nama Ibu        : –
Meninggal       : 1419 Masehi

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim ialah seorang Walisongo yang menurut sejarah adalah bukan orang Jawa, namun diketahui berasal dari Khasan, Iran. Saat kedatangan Sunan Gresik yang diduga terjadi tahun 1404 M telah ada masyarakat islam, terutama di wilayah pantai utara. Hal ini ditegaskan dengan adanya makam Fatimah binti Maimun yang wafat tahun 1082 M.

Tujuan Sunan Gresik ke tanah Jawa ialah untuk menyiarkan agama Islam yang belum terlalu tidak sedikit dipeluk masyarakat Jawa. Tempat kesatu kali yang dituju ialah desa Sembalo. Namun, kini Sembalo berubah nama menjadi wilayah Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Setelah hingga di Manyar, Sunan Gresik segera membina sebuah masjid.

Cara yang dilaksanakan kesatu kali oleh Sunan Gresik ialah mendekati masyarakat melewati pergaulan. Tata bahasa yang ramah senantiasa diperlihatkannya dalam pergaulan. Sunan Gresik tidak membangkang agama dan keyakinan penduduk asli, melainkan hannya mengedepankan akhlak mulia laksana yang diberikan contoh Nabi Muhammad saw. Berkat keramahannya, tidak sedikit masyarakat yang tertarik dengan agama Islam.
Di samping berdakwah, Sunan Gresik pun berdagang. Shingga membuatnya bisa berinteraksi dengan masyarakat tidak sedikit dan mudah. Di samping itu, raja dan semua bangsawan pun ikut serta dalam pekerjaan jual beli.

Setelah mapan di dalam masyarakat, Sunan Gresik lantas berkunjungan ke ibukota Majapahit di Trowulan. Meskipun Raja Majapahit tidak masuk Islam, dia tetap menerima Sunan Gresik dengan baik. Bahkan memberikannya sebidang tanah di tepian kota Gresik. Wilayah itulah yang kini dikenal dengan desa Gapura.
Dalam menggali kader-kader penyiar agama Islam, Sunan Gresik membuka pesantren yang menjadi lokasi mendidik pemuka agama Islam di masa selanjutnya. Hal ini serupa dengan gaya Biksu Hindu mendidik semua cantrik di mandalanya. Hingga ketika ini makam Sunan Gresik masih diziarahi orang-orang yang menghargai usahanya menyebarkan agama Islam berabad-abad yang silam. Setiap malam Jumat Legi, masyarakat setempat sealu berangjangsana untuk berziarah. Baca Juga : Biografi-raden-rahmad-sunan-ampel

Ritual Haul (Ziarah tahunan) juga diselenggarakan setiap tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Yang dicocokkan tanggal wafat pada prasasti makam Sunan Gresik. Pada acara haul biasa dilaksanakan khataman Al-Quran, pembacaan riwayat Nabi Muhammad, dan menghidangkan makanan khas Gresik yakni bubur harisah. Sumber : jatikom.com

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Comments

📯POPULAR POST

ABDURRAHMAN AL-GHAFIQI DAN BALA TENTARA YANG CINTA SYAHID BAG 3

ALINSANU SIRRI, WA ANA SIRRUHU, WASIRRI SIFATI WASIFATI LAGHOIRIHI

THOSIN AL-ASRAR FI AL-TAUHID, SYAIKH HUSAIN BIN MANSHUR AL-HALLAJ

KATA KATA MUTIARA AL GHOZALI

ALLAH BUKAN NAMA DAN MAKNA

Kirim E-mail Anda Dapatkan Artikel Berlangganan Gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY POST MANTAP ||| postmantap16@gmail.com

🔱LINK TAUTAN ARTIKEL SPONSOR

🔁 FOLLOWERS